Wednesday 5 February 2014

Orang Tua Cermat, Anak Sehat by dr Arifianto, SpA

Resensi Buku Orang tua Cermat, Anak Sehat by dr. Arifianto, SpA (praktisi kesehatan anak)

Penerbit: Gagasmedia, 2013

Jumlah halaman: 223

 

Sebelum pintar, sehat adalah harapan utama para orang tua terhadap anaknya. Sayangnya, harapan memiliki anak sehat kadang tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup tentang dunia kesehatan anak. Para orang tua lebih mempercayakan kesehatan anaknya pada obat atau rumah sakit. Padahal, menurut dr Apin (panggilan akrab dr. Arifianto, SpA), orang tua seharusnya lebih cermat terhadap kondisi anak. Orang tua adalah narasumber utama yang harus memiliki informasi paling akurat tentang anak manakala berobat. 

Apalagi akhir-akhir ini cukup marak berita malpraktik di dunia kesehatan. Diagnosis dan penanganan yang tepat terhadap anak 80 % nya dapat disimpulkan dari kisah perjalanan penyakit anak. Oleh karena itu, orang tua wajib memiliki pengetahuan dasar tentang kesehatan anak.

Dalam buku ini, dr Apin membagi pembahasan menjadi 15 bagian. Semuanya berangkat dari pertanyaan sehari-hari seputar kesehatan anak, termasuk mitos-mitos yang menyertainya. Tak hanya itu, dr Apin juga menyertakan daftar situs informasi kesehatan yang sahih di bagian akhir buku.

Wajarkah bunyi napas grok-grok saat bayi tidur? Mengapa bayi saya menangis terus menerus? Semua masalah yang biasa dialami bayi baru lahir dibahas dr Apin di bagian pertama. Seputar menyusui dan imunisasi menyambung di dua bagian setelahnya.

Penyakit seperti batuk, pilek, demam, sakit perut, alergi, susah makan, semua dikupas tuntas di bagian-bagian berikutnya. Kapan seharusnya anak diberi obat penurun panas, mitos seputar demam, kapan anak harus dibawa ke RS jika diare, terjawab lengkap di bagian ini. Ada pula tips mengatasi anak susah makan.

Saat gigi anak mulai tumbuh orang tua juga harus memberikan perhatian khusus. Seputar Kesehatan Gigi Anak akan membekali orang tua dengan pengetahuan tentang perawatan gigi sejak baru tumbuh hingga 2 tahun. Dengan mempraktekkan pengetahuan ini, gigi karies maupun kerusakan lainnya dapat dihindari.

Tiga bab berikutnya dr Apin bicara gangguan yang lebih berat. Terlambat Bicara atau Autis? Masalah Telinga pada Anak, Flek Paru atau Tuberkulosis? adalah tiga judul bab tersebut. Dalam bab ini orang tua akan mendapat pencerahan tentang gejala dan penanganan autis, penyakit telinga, serta tuberculosis.

Selanjutnya dr Apin menulis tentang sirkumsisi (sunat) anak. Sayangnya, dr Apin tidak membahas sunat pada anak perempuan. Mungkin karena masih banyak perdebatan seputar hal tersebut. Bab terakhir yang tak kalah penting, dr Apin membahas pertolongan pertama pada anak. Bagaimana menolong anak saat terjadi cedera kepala, digigit hewan mamalia maupun serangga, patah tulang, luka bakar, tersedak, luka tersayat, trauma mata, dan mimisan, lengkap dipaparkan di bagian akhir ini.

Pembahasan mitos dan fakta, kolom pengenalan gejala berjudul ‘bawa anak ke dokter’, dapat membantu orang tua bertindak cepat dan tepat. Dalam buku ini juga amat terasa nuansa ilmu kedokteran up to date yang dibangun dr Apin. Sangat recommended untuk para orang tua yang ingin anaknya sehat :)

5 comments:

  1. Terima kasih sudah membuatkan resensi buku saya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims kembali dokter atas kerja kerasnya berbagi ilmu lwt buku :D

      Delete
  2. Saya cari buku ini susah sekali. Toko buku sluruh daerah surabaya saya datangi hasilnya nihil #sedih

    ReplyDelete
  3. Ka Yunda,, ketemu di sini :) bukunya bagus.

    @Mazwa mazwa, klo msh nyari, bisa di saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mutiii apa kbr?
      Mazwa, saya beruntung dpt hadiah dr tmn..kayaknya bs pesen kebeliau

      Delete