Monday 4 June 2018

Aliran Rasa Semua Anak Adalah Bintang

Seperti materi-materi sebelumnya, materi kali ini juga membawa saya menemukan hikmah dalam membersamai anak. Bahwa ada perbedaan antara mendukung dan menuntut anak dalam melejitkan potensi dirinya.

Terkadang orangtua merasa mendukung anak dengan memfasilitasi, mendampingi, mengarahkan minat bakat anak. Nyatanya dukungan itu dipersepsikan sebagai tuntutan oleh anak sehingga ia terbebani. Pada saat itulah hilang faktor 'enjoy' dari rumus 4E sehingga sangat mungkin akhirnya anak pun tidak mampu lagi 'excellent', dan merasa 'easy'.


Maka saya kembali bercermin dengan pengalaman mengerjakan T10 yang lalu. Saya berusaha agar dukungan dan arahan terhadap inisiatif anak tidak berubah menjadi tuntutan. Saya mencoba kembali menyerahkan tanggung jawab menyelesaikan project pada anak. Ketika ia sudah tidak lagi berminat, saya tidak memaksakan. Ia masih punya banyak waktu, banyak hal yang patut dicoba :)


Jangan sampai anak yang fitrahnya bereksplorasi, terjegal karena ambisi orangtua. Jangan sampai anak yang ketika balita punya 10 cita-cita, beranjak dewasa malah tak tahu mau jadi apa. Nauzubillahmindzalik.


#aliranrasa
#semuaanakbintang
#bunsay_iip



No comments:

Post a Comment