Saturday 10 June 2017

Nice Home Work #4

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Jawab: InsyaAllah sudah mantap.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Jawab: masih PR untuk konsisten jumlah waktunya. InsyaAllah untuk kegiatannya sudah lebih banyak yanh konsisten.

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Jawab:

Misi Hidup : Bermanfaat di dunia untuk mencari bekal di akhirat
Bidang : Psikologi pernikahan, keluarga, dan pendidikan
Peran : the inspiring counselor (sebagai pelaku, konselor, penulis, pembicara)

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Jawab:

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar konseling, psikologi perkembangan anak, parenting, pendidikan usia dini
2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen keluarga dan pendidikan
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar investasi keuangan dan bisnis dari rumah
4. Bunda Shaleha : Ilmu Ilmu seputar intervensi sosial, crowdsourcing, community development

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup


Jawab:
Milestone saya dimulai dari usia 27 tahun ketika berhasil menerbitkan dan mengisi bedah buku indie psikologi cinta remaja di tahun 2014 lalu. Untuk mencapai 10.000 jam insyaallah saya akan belajar 2 jam sehari untuk menambah jam terbang. Maka waktu yang diperlukan untuk mencapai 10.000 jam adalah 14 tahun.
KM 0 – KM 4 (tahun 1-4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang, bagian psikologi perkembangan anak dan parenting, penddikan usia dini.
sejak usia 27 hingga saat ini 30, alhamdulillah saya tetap on track berkecimpung di dunia psikologi, perkembangan anak, parenting, dan pendidikan. Selama 3 tahun ini saya sudah belajar baik sebagai murid maupun fasilitator. Dengan belajar di IIP saya sedang diingakan untuk konsisten dan memperbaiki manajemen diri serta keluarga. Alhamdulillah. Waktu untuk milestone 1 ini tinggal 2 tahun lagi, InsyaAllah.
KM 4 – KM 8 (tahun 5-8) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan (manajemen keluarga dan pendidikan)
KM 9 – KM 13 (tahun 9-13) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif (Investasi keuangan dan bisnis dari rumah)
KM 13 - KM 17 (tahun 14-18) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha (intervensi sosial, crowdsourcing, community development)

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
InsyaAllah, semoga Allah menguatkan dan mengizinkan. Aamiin.

No comments:

Post a Comment