Wednesday 5 February 2014

Love Therapy by Irma Soul Healer

Resensi Buku Love Therapy by Irma Rahayu (Soul Healer)

Penerbit: Noura Books, Agustus 2012

Jumlah halaman: 216

Cinta tak pernah salah. Respon manusia-lah yang menentukan akan jadi sumber bahagia atau sengsara cinta yang datang padanya. Pembicaraan tentang cinta tak pernah usang dimakan waktu. Dalam berbagai bentuk lika liku cinta bermetamorfosis mengikuti perkembangan zaman.

Irma Rahayu, seorang soul healer dan pendiri komunitas Emotional Healing Indonesia (EHI), merangkum pengalamannya menangani klien dengan beragam masalah percintaan. Fenomena yang didapat dari kisah para klien ia rangkum dalam lima bab. Bab pertama berjudul Jatuh Cinta Bikin Gila, terdiri dari lima tulisan ringan seputar pencarian cinta. Bagaimana membedakan cinta dengan ilusi, menghadapi penolakan, menyatakan perasaan, menolak, dan memutuskan untuk menikah.

Selanjutnya Irma menuturkan masalah-masalah yang krusial dalam bab Ketika Cinta Harus Memilih. Antara cinta dan karier, cinta beda agama, cinta beda usia, mencintai orang yang sudah punya pasangan hidup, bahkan membahas cinta sejenis. Semua diangkat dari kisah klien dan pengalaman hidup Irma.

Pernak pernik masalah cinta dalam rumah tangga dibahas Irma di bab ketiga, Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita ke Pengadilan. Mulai dari masalah finansial rumah tangga, komunikasi, karakter pasangan sampai pilihan untuk bercerai dikupas dalam bab ini.

Dua bab terakhir berjudul How Do You Heal a Broken Heart dan Jomblo Forever? menyajikan permasalahan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Patah hati, selingkuh, trauma, penantian panjang, dan penolakan menjadi isu utama. Irma menyuguhkan tips sederhana untuk menyembuhkan hati yang terluka.

Blak-blakan,  terkadang pedas, namun tetap bijak selalu menjadi gaya Irma menyampaikan pandangannya. Ditambah dengan kisah nyata seputar masalah-masalah percintaan, menjadikan buku ini sangat mudah dicerna dan mengena di hati. Jika kita membacanya dengan jujur-seperti pesan Irma kepada siapapun yang mau diterapi olehnya-niscaya banyak manfaat yang bisa didapat. Selamat membaca :)

No comments:

Post a Comment