Wednesday 5 February 2014

Tips Atasi Mual dan Muntah

Istilah morning sickness sebetulnya kurang sesuai dengan kondisi ibu hamil. Faktanya banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah sepanjang hari, atau hanya sore hari dan bukannya di pagi hari. Agar trimester pertama kehamilan tetap bisa dinikmati, berikut tips sederhana menghindari mual dan muntah:

1.       Hindari makan terlalu banyak. Makanlah sedikit-sedikit namun sesering mungkin. ini membuat perut Anda terhindar dari gejolak ingin muntah karena penuh.

2.       Makan perlahan-lahan. Terlalu cepat dalam mengunyah dan menelan kurang baik bagi pencernaan.

3.       Hindari bau-bauan yang membuat mual. Siasatilah agar Anda tidak menjumpai bau-bauan ini dalam rutinitas harian.

4.       Paksakan untuk makan semalas apapun. Ingat, janin Anda tak berdaya dan makanan Anda adalah sumber kehidupannya bukan hanya saat ini tapi pondasi bagi kehidupan jangka panjangnya kelak.

5.       Pastikan Anda beristirahat dan tidur dengan cukup. Kelelahan bisa memicu mual dan muntah lebih parah.

6.       Hindari gorengan, makanan pedas, dan hidangan lain yang mengandung minyak. Selain meningkatkan asam lambung juga tidak sehat untuk tubuh Anda.

7.       Terus menjaga cairan tubuh. Banyak minum air putih atau mengkonsumsi makanan dalam bentuk cair baik untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Jika mual dan muntah Anda sangat parah sehingga sulit sekali makan dan minum, berkonsultasilah pada dokter. Langkah lanjutan harus ditempuh jika berat badan selama hamil tidak naik seperti seharusnya. Selamat mencoba, semoga berhasil memberikan yang terbaik bagi buah hati meski mual muntah kadang tak terhindari.

 

disarikan dari buku Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment