Wednesday 4 July 2018

Tantangan Hari ke-2 Cerdas Finansial


Hari kedua tantangan cerdas finansial, teruji saat kami berbelanja kebutuhan bulanan di sebuah supermarket.

Sejak di rumah, saya sudah membuat daftar belanja. Tak lupa membriefing anak anak tentang apa yang boleh dan tidak selama berada di supermarket. Semuanya mengerti karena sudah terbiasa dengan aturan tersebut.

Pas sekali, Si Tengah akan ultah tgl 4 Juli. Jadilah ia meminta beli hadiah di supermarket tersebut. Saya membolehkan dengan syarat harga di bawah 50ribu dan harus benda yang dibutuhkan, bukan sekadar ingin. Alhamdulillah sebelumnya kami sudah diskusi tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan.

Awalnya Si Tengah protes karena menurutnya sulit mencari barang seharga segitu. Saya  menahan tawa saat mendengar pernyataan Si Tengah. Tapi saya tetap berargumen bahwa uang segitu cukup dan pasti ada barangnya.

Sampai di supermarket, Si Tengah sibuk mencari hadiah ultahnya. Awalnya ia tertarik dengan pulpen pensil dan stationary lainnya. Begitu pula Si Sulung. Lalu saya ingatkan kembali apa mereka benar benar butuh? Sebab saya lihat di rumah sudah banyak alat tulis dan belum berhasil mereka simpan dengan apik.

Si Tengah bersungut sungut tapi mengerti lalu mencari barang lain. Si Sulung berkata sebenarnya ingin beli stationary tersebut tapi ketika saya ingatkan tentang butuh dan ingin ia dapat menerima dengan lapang.

Pilihan Si Tengah akhirnya jatuh pada sebuah botol minum. Padahal, di rumah juga sudah ada beberapa. Saya ingatkan kembali tentang itu, tapi ia tetap mau beli botol tersebut. Alasannya harganya sesuai budget yang saya tetapkan dan modelnya beda dari yang di rumah.

Memang setelah saya timbang timbang, sulit mencari barang dengan harga segitu di supermarket ini. Betul juga alasan tentang modelnya. Botol yang dipilih Si Tengah memang lebih praktis dibawa dan ukurannya pun lebih pas untuknya. Dengan pertimbangan tersebut, saya pun mengaminkan pilihan Si Tengah sambil memintanya untuk merawat botol tersebut dengan baik.

Itulah pengalaman hari kedua cerdas finansial. Semoga hari berikutnya lebih hemat lagi, hehehe.

#bunsay_iip
#cerdas_finansial
#tantangan10hari

No comments:

Post a Comment