Thursday 5 July 2018

Tantangan Hari ke-3 Cerdas Finansial


Hari Kamis lalu kami mampir ke Toko Buku Gramedia Bintaro. Tidak direncanakan sebelumnya  karena niat awal ikut kajian di Masjid Ash Shaf. Baru sampai depan masjid, sekuriti menginfokan kajian libur karena ustadz berhalangan hadir.

Kami akhirnya jalan (kaki) sore ke gramedia. Memang mama saya ingin mencari hadiah ultah Si Tengah.

Sebelum sampai ke gramedia, saya membriefing Si Bungsu dan Si Sulung. Si Tengah tidak ikut karena memilih bersama sepupunya di rumah. Saya membriefing bahwa saya tidak bawa uang banyak, jadi hanya lihat lihat saja di sana.

Sesampainya di gramedia, ternyata banyak godaan. Melihat Si Sulung sibuk melihat seolah akan membeli, saya mengingatkan tentang briefing tadi. Ia pun paham namun tetap melihat lihat ke sana kemari.

Akhirnya saya yang luluh karena Si Sulung bilang belum beli kado ultah adiknya dan ingin membelikan dengan uangnya sendiri. Ia berjanji akan mengganti uang saya karena ia tidak membawa uang.

Saya setuju dengan syarat barangnya seharga di bawah 50ribu rupiah saja. Setelah waktunya membayar, ternyata ia memilihkan mainan lilin seharga 20ribu.

Itulah pengalaman kami hari ini. Walaupun akhirnya jadi ada pengeluaran tak terduga, saya tetap senang dengan inisiatif Si Sulung membelikan hadiah dengan uangnya sendiri.

Bersikap konsisten tidak harus menghilangkan fleksibilitas kita sebagai ortu. Dalam kasus hari ini, saya merasa harus lebih menghargai inisiatif Si Sulung meski jadi keluar dari kesepakatan briefing sebelumnya. Sebab saya menghargai argumentasi dan niat baik Si Sulung untuk adiknya.


#bunsay_iip
#cerdas_finansial
#tantangan 10 hari

No comments:

Post a Comment