Thursday 2 April 2015

Cermat Merawat Bayi (1)

Merawat bayi baru lahir bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan! Terutama pada bayi pertama di keluarga. Ada yang kebanjiran saran sampai tidak bisa membedakan mana yang mitos mana yang ilmiah. Sebagian lain have no idea karena mungkin tinggal jauh dari keluarga. Di era teknologi informasi ini, new mom bolehlah mengandalkan kerabat terpercaya bernama Mbah Google. Beliau siap membantu kapan pun dimana pun dengan jutaan referensi ;) tapi ingat mom, tetep harus kritis yaa menerima info beliau. Cek ricek muasal celoteh Si Mbah. Kalau tidak jelas, hati2 menyesatkan.
Nah, info berikut yang saya bagikan insyaaAllah ilmiah. Saya rangkum dr majalah Ummi edisi spesial Golden Age Oktober 2012. Narasumbernya Dr.dr.Rini Sekartini Sp.A(K). Plus komen2 dikit dr pengalaman saya. So, Check it out :)
Merawat Kulit Bayi
Wanti wanti pertama yg saya ingat dr RS adalah: jangan pakai bedak sebelum usia 3 bulan karena bisa berbahaya utk pernafasan.
Mandikan 2 kali sehari. Ingat jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak mandinya. Gunakan hanya sabun khusus bayi.
Ganti baju tiap kali basah, terutama karena keringat.
Gunakan baju yg nyaman, mudah menyerap keringat, tidak panas.
Boleh diberikan lotion.atau pelembab khusus bayi agar kulit tidak kering
Kesalahan umum dalam perawatan bayi
1. Memberi bedak pada paha bayi: jika masuk ke kemaluan bisa iritasi
2. Membedaki saat berkeringat: justru menyebabkan saluran keringat tertutup sehingga menjadi biang keringat.
3. Membersihkan Telinga sampai ke bagian dalam: malah membuat serumen yang bercampur kotoran terdorong masuk, jika terakumulasi akan mengeras dan mengganggu pendengaran karena menghalangi gendang telinga.

Ok sekian dulu bunda, insyaaAllah ada episode lainnya. Thanks for reading, enjoy your motherhood :)

2 comments: