Tuesday 28 August 2018

Hipnotis Anak Lewat Dongeng_tantangan hari ke-1 Bunsay


Mendongeng anak menjelang tidur adalah salah satu kebiasaan kami di rumah. Suami biasanya mendongeng tentang masa kecilnya, atau kejadian sehari-hari yang dialami anak-anak ditambahi dengan tokoh kartun maupun imajinasi lainnya. Sedangkan saya lebih sering mengarang dongeng imajinasi apa adanya, yang saat itu saja terlintas di pikiran.

Setelah saya ikut workshop hipnoterapi beberapa waktu lalu, saya baru tahu hubungan dongeng dengan kondisi hipnotik. Jadi ternyata, mendongeng adalah salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh seorang hipnoterapis. Sebab, saat seseorang mendengarkan dongeng, ia bisa masuk ke kondisi trance atau hipnotik.

Apalagi jika dongeng dilakukan menjelang tidur, menjadi momentum emas bagi orangtua. Sebab, menjelang tidur adalah kondisi dimana seseorang mudah menerima sugesti. Gelombang otak yang sedang santai saat itu siap merekam informasi hingga ke alam bawah sadar.

Lucunya, kadang saya yang mendongeng dalam kondisi ngantuk berat. Cerita jadi ngalor ngidul gak nyambung. Terkadang anak-anak tergelak lalu meneriaki saya yang salah sambung bercerita. Lebih sering mereka kesal lalu minta dongengnya udahan aja :D

Seperti kejadian siang kemarin. Si Tengah minta saya mendongeng ulang cerita Si Baedah, tokoh imajinasi yang sudah saya ceritakan beberapa episode dalam dongeng saya. Saya ngantuk berat dan malas cerita, tapi karena Si Tengah merengek terus, saya pun bercerita.

Tak lama, cerita saya mulai ngawur. Si Tengah kesal lalu kabut tidak jadi tidur siang. Saya yang akhirnya tertidur bersama Si Bungsu.

Sore harinya, saya berusaha menebus kesalahan dengan membacakan Si Tengah buku cerita. Alhamdulillah, mata Si Tengah berbinar menyimak buku kisah sahabat Ali bin Abi Thalib. Saat azan Maghrib, ia bahkan bergegas sholat sambil berkata ingin masuk surga seperti Ali. Alhamdulillah, semoga terkabul cita-citamu, Nak ;)

#bunsay
#dongeng pembangun karakter
#ibu profesional
#tantangan 10 hari

1 comment: