Monday 29 October 2018

Belajar Di Kampus Luar Negeri dari Layar Gawai


Tak terasa kelas Bunda Sayang sudah memasuki materi terakhir. Kali ini temanya adalah keluarga multimedia. Tugas kami adalah menceritakan aplikasi atau situs yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas keluarga. Jelas ya, memang sudah saatnya kita melek teknologi untuk mengoptimalkan pengasuhan generasi milenial.

Hari pertama tantangan ini saya ingin berbagi tentang situs futurelearn. Pertama kali saya mengenal situs ini tahun 2014 dan langsung jatuh cinta. Bagaimana tidak, di situs ini cita-cita belajar ke luar negeri menjadi nyata.

Futurelearn adalah sebuah situs belajar online yang dipandu oleh berbagai universitas ternama di luar negeri, mayoritas yang berada di negara Eropa. Temanya yang disajikan beragam, mulai dari manajemen hingga pendidikan.


Jika ada tema yang ingin kita dalami, tinggal klik join course lalu tadaaa kita menjadi mahasiswa online di kursus tersebut. Saat belajar, materi disajikan dengan tulisan dan video. Lengkap dengan running text dan pdf narasi video. Dosen-dosen yang mengajar dapat dilihat profilnya dan diajak berinteraksi di kolom komentar. Dari profilnya dapat disimpulkan para pengajar ini sudah sangat ahli di bifabidan.


Selain dengan dosen, peserta juga dapat berinteraksi dengan sesama pembelajar. Di halaman awal kursus peserta selalu diajak berkenalan dan menuliskan alasannya mengikuti kursus.


Ada tenggat waktu tertentu untuk tiap tema kursus. Keanggotaan berbayar disediakan bagi peserta kursus yang ingin dapat akses kursus tertutup meskipun kursus sudah berakhir. Selain itu mereka juga dapat memperoleh sertifikat kursus setelah lulus dengan harga di bawah peserta non berbayar. Sertifikat ini sifatnya pilihan, boleh ambil boleh tidak. Harganya dalam poundsterling dan euro.

Saya sendiri sudah mengambil sekitar 7 kursus. Alhamdulillah baru ada 1 yang hampir tuntas #tutupmuka. Padahal kalau mau serius sih pasti bisa. Ada yang sudah tinggal materi terakhir tapi belum juga saya rampungkan. Nah gimana kalo S2 beneran :D


Ini salah dua kursus yang saya ambil



Bagi yang penasaran dan mau belajar langsung, cekidot aja ke www.futurelearn.com . Berfaedah banget deh :D

#tantangan hari 1
#keluarga multimedia



No comments:

Post a Comment