Friday 5 October 2018

Hikmah Kekeliruan Si Udin

Hari Kamis kemarin ada kejadian menggemparkan di Taman Baca Tidore. Saat saya sedang sibuk mengajari baca iqro, seperti biasa anak-anak lain yang sudah selesai baca dan nulis boleh main. Beberapa anak main di halaman belakang rumah.

Tiba-tiba dari tempat duduk saya menyaksikan seorang anak, sebut saja namanya Udin usia 4 tahun, dengan santainya buka celana lalu..piiiisss..pipis di halaman belakang rumah saya :0

Mau dekati dan tegur, saya sedang mengajar. Samar saya dengar anak yang lebih tua menegur, tapi Udin tak peduli. Asyik meneruskan pipisnya.

Setelah Udin masuk, segera saya suruh ia cebok ke kamar kecil. Tak lupa mengingatkan Udin bahwa buang air kecil hanya boleh di kamar mandi.

Kejadian ini disaksikan di Tengah dan si Bungsu. Malam hari sebelum tidur sengaja membahas kejadian tersebut dengan ketiga bidadari.

Saya bertanya apa pendapat mereka tentang perbuatan Udin. Mereka kompak menjawab hal tersebut tidak baik. Saya tanya mengapa perbuatan tersebut tidak baik? Ketiga bidadari sudah bisa memberi berbagai alasan. Malu, jorok, gak sopan, kata mereka. Barulah saya masuk ke bahasan aurat dan kesehatan. Alhamdulillah peristiwa menggemparkan itu bisa jadi sarana kami belajar kembali.

#bunsay
#ibu profesional


No comments:

Post a Comment