Tuesday 2 October 2018

Review Fitrah Seksualitas buku Fitrah Based Education


Meskipun istilah fitrah seksualitas baru saya kenal setelah membaca dan mengikuti seminar Fitrah Based Education (FBE), namun buku FBE sendiri tidak memuat banyak penjelasan tentang istilah tersebut.

Dalam buku FBE bagian fitrah seksualitas hanya terdiri dari 4 halaman saja, yaitu:

- satu halaman tulisan berjudul Fitrah Gender atau Fitrsh Seksualitas
- dua halaman tulisan berjudul Apakah Gay dan Lesbi dilahirkan?
- satu halaman tulisan berjudul Fitrah Peran Ayah vs Fitrah Peran Bunda



Saya sepakat dengan isi keempat halaman ini. Meskipun yang perlu diperdalam lagi adalah bagaimana memahami konsep fitrah peran gender tanpa terjebak dengan budaya tradisional.

Sebagai muslim, tentu saja standar yang saya pakai adalah Alquran dan Sunnah. Islam sudah menyetarakan lelaki dan perempuan dengan hak kewajiban serta peran unik masing-masing.

Dalam Islam, lelaki adalah pemimpin sebuah keluarga. Ia wajib menafkahi dan mendidik keluarga, melindungi dari api neraka. Karenanya, lelaki wajib ditaati selama tidak memerintahkan maksiat.

Sementara perempuan adalah pemimpin dalam kerumahtanggaan. Ia wajib menjaga diri dan harta suami, serta membimbing anak-anak. Karenanya, perempuan wajib menjadi cerdas untuk mengelola rumah tangga.

Kedua peran ini bersinergi, tidak ada yang lebih baik atau lebih mulia. Ini yang harus dipahami dan dilihat anak dari keseharian orang tuanya.

Untuk sampai pada pemahaman ini, benar sekali bahwa anak harus dekat dengan kedua orangtuanya. Tidak ada kedekatan dominan pada salah satu saja.

Di keluarga kami, Alhamdulillah kedekatan yang seimbang ini sudah terlihat. Saya bersyukur anak-anak sering bermain, bercerita, dan terlibat dalam suatu kegiatan bersama ayahnya. Mereka juga menyaksikan bagaimana ayahnya turun tangan dalam urusan domestik untuk membantu saya.
Semoga hal ini bisa terus berlanjut dan berkembang menjadi pemahaman fitrah seksualitas yang baik bagi ketiga anak saya.


#bunsay
#ibuprofesional
#fitrah seksualitas
#tantangan10hari

No comments:

Post a Comment