Sunday 12 November 2017

Game Day 5 Komunikasi Produktif

Game day 5 Komunikasi Produktif

Saya termasuk orangtua yang ketat dalam masalah gadget.
Satu jam sehari sudah tidak bisa ditawar lagi.

Nah sudah beberapa kali bulan ini si sulung bernegosiasi. Minta nonton 2 kartun sehari karena alasannya bulan November kartunnya bagus bagus.

Biasanya saya tidak menanggapi serius.
Kemarin ia kembali melobi.
Baiklah, saya mendekatinya yang sedang makan siang.

Saya tegaskan tetap tidak dengan alasan mata dan otak jadi tidak sehat. Si sulung cemberut.
Dia masih berargumen.
Saya memilih diam.

Setelah sholat zuhur baru saya memanggilnya, memeluk dan minta maaf karena tidak bisa mengabulkan keinginannya.
Saya menawarkan pilihan lain.
Si sulung menangis dan ikut minta maaf.

Berkomunikasi produktif memang tidak mudah. Harus ada kerendahan hati untuk mau meminta maaf namun bukan berarti tidak konsisten dengan batasan yang menjadi prinsip.

Fleksibel ada tempatnya, seperti juga ketegasan dan kasih sayang.

No comments:

Post a Comment