Wednesday 7 March 2018

Ini Alasan Kenapa Ayah Rugi Jika Tak Mau Main Bersama Anak


Di jaman old, sosok ayah itu identik dengan jaim, garang, horror. Jangankan main sama anak, senyum ke anak aja cuma hari Lebaran. Selebihnya bibir terpaku di tempatnya dalam posisi datar.

Lain halnya dengan ayah jaman now yang sudah melek ilmu parenting. Mereka itu ekspresif, hangat, bersahabat. Pulang kerja dan weekend selalu main sama anak, secapek apapun. Membacakan cerita, kejar-kejaran, main sepeda, lempar bola, apapun yang mendatangkan kesejukan di  keluarga.
Kehadirannya membawa kebahagiaan sejati. Kepergiannya meninggalkan sejuta kenangan yang menghangatkan hati.


Berbagai riset membuktikan karakteristik ayah jaman now mendatangkan banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang anak, diantaranya;

😎 Anak lebih terampil dalam kemampuan kognitif dan memecahkan masalah. Balita yang banyak terlibat dengan ayah menunjukkan kecerdasan intelektual yang lebih tinggi. Mereka juga berkembang menjadi individu yang lebih mampu menemukan solusi saat memiliki masalah.

😎 Anak lebih berani menghadapi rintangan dan bicara dengan orang yang baru dikenal. Sosok ayah yang lebih terlibat memberikan dorongan bagi anak untuk mencoba menaklukkan tantangan maupun menyesuaikan diri dalam situasi baru.

😎 Anak termotivasi untuk lebih disiplin. Kehadiran ayah yang hangat membuat  peraturannya ditaati. Anak ingin berdisiplin karena kesadaran dan kedekatan, bukan paksaan.

😎 Anak memahami peran gender  dengan lebih jelas. Anak lelaki akan melihat cara ayah memimpin keluarga, memperlakukan ibu, dan mengasuh anak. Sementara anak perempuan akan mendapat referensi cara memahami lelaki dari interaksinya dengan ayah, sebagai bekal membangun rumah tangga kelak.

Nah, ternyata kehadiran ayah berdampak sangat signifikan dalam kehidupan anak di masa depan, ya. Betapa ruginya jika ayah tak mau meluangkan waktu untuk terlibat dan membersamai anak.

Semoga makin banyak ayah yang senang bermain bersama anak, agar kelak bangsa ini dipenuhi generasi berdaya yang cerdas dan percaya diri. Yuk jadi ayah jaman now:)



Referensi:

http://www.republika.co.id/berita/koran/medika/15/10/16/nwb2cd11-dampak-pengasuhan-ayah-bagi-anak
https://www.johnsonsbaby.co.id/artikel/pentingnya-keterlibatan-ayah-dalam-proses-tumbuh-kembang-anak#6moLWM4teshMIqJ4.97
I

No comments:

Post a Comment