Wednesday 7 March 2018

Tujuh Cara Mudah Atasi Anak Rewel Saat Batpil

Hidup yang nyaman dan damai bisa berubah tiba tiba saat batuk pilek menyerang. Bagaimana tidak, anak akan rewel sehari semalam jika batuk sudah sedemikian mengocok perutnya. Tidur tak nyenyak, makan tak enak. Belum lagi jika hidung tersumbat, rasanya kepala orangtua ikut pusing menghadapi kegelisahan anak.

Sebelum kita ikut jatuh sakit karena kelelahan merawat anak, tips berikut ini layak dicoba untuk meredakan batuk pilek pada buah hati:

1. Perbanyak minum air putih hangat. Suhu minuman yang hangat membantu tenggorokan terasa lebih lega, juga mengencerkan dahak yang sulit dikeluarkan.

2. Stop asupan pemicu batuk seperti makanan dan minuman manis serta gorengan. Ganti dengan buah, sayur, dan lauk yang diolah tanpa minyak. Jika anak kurang suka buah dan sayur, cobalah mengkreasikan keduanya dengan bentuk menarik atau sambil berkegiatan yang seru misalnya bercerita atau bermain tebak-tebakan.

3. Ajarkan dan tawarkan anak membuang dahak. Jika anak masih kesulitan, latih berulang-ulang dengan instruksi yang mudah dipahami anak. Misalnya dengan mencontohkan suara berdehem lalu meludah.

4. Balur leher, dada, dan perut anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih untuk membantu relaksasi otot setelah batuk.

5. Tawarkan anak untuk diuap ala mama, yakni masuk ke dalam handuk sambil menghirup uap air hangat pada bejana yang diletakkan di bawah wajahnya.

6. Jika hidung tersumbat sangat mengganggu, pemberian obat tetes hidung dapat dipertimbangkan.

7. Perbanyak aktivitas bersama yang menyenangkan tapi tidak membuat anak terlalu lelah secara fisik, misalnya melukis, bermain pijat pijatan, menyiram tanaman, main pancing-pancingan, membuat prakarya sederhana, hingga berdoa agar cepat sembuh.

Semoga kesabaran menghadapi anak yang batuk pilek berbuah manis untuk Ayah Bunda. Jangan lupa konsultasi ke dokter jika anak tak kunjung sembuh dan terlihat lemas.


No comments:

Post a Comment