Friday 8 December 2017

Tantangan 5 hari Melatih Kemandirian

Tantangan hari 5 Melatih Kemandirian

Hari ini Nafsa belum BAB lagi. Tetapi menjelang ia mandi, saya dapat ide. Hmm bagaimana kalau saat mandi saja saya ajari dia istinja? Jadi tidak perlu menunggu ia BAB betulan. Rasanya geli geli kocak memikirkan ada emak emak yang sangat menunggu nunggu anak BAB, hehe.

Maka saat Nafsa selesai sabunan, saya pun mengajaknya berlatih istinja. Nafsa manut daan segera saya apresiasi.

Saya mengingatkan latihan sebelumnya bahwa kita tinggal belajar membasuh sambil menyiram dubur. Nafsa mengambil seciduk air di gayung dengan tangan kanan. Kemudian membasuh duburnya dengan tangan kiri.

Ia sudah bisa, hanya masih sulit menyiramkan air karena terbiasa melakukan dengan tangan kiri.

Saya memberinya semangat sambil berkata bahwa ia sudah bisa menyiram dengan baik. Saya menyarankan agar Nafsa mengambil air lebih sedikit agar gayung tidak terlalu berat sehingga mudah menyiram.

Selain itu saya juga memberi tips lain yaitu jika menyiram dan membasuh sekaligus masih terasa sulit, ia dapat menyiram lebih dulu baru membasuh. Jadi keduanya dilakukan bergantian.
Begitulah kisah hari ini. Semoga Nafsa makin mandiri dalam istinja.

#kuliah Bunsay
#Melatih Kemandirian
#level2

No comments:

Post a Comment