Monday 11 December 2017

Tantangan hari 8 Melatih Kemandirian

Tantangan hari 8 Melatih Kemandirian

Kali ini Nafsa BAB saat saya sedang sibuk menyuapi adiknya.

Ia masuk ke toilet diiringi suara motivasi saya tentang tahapan istinja mandiri yang belum dikuasainya.

Saya ingatkan dia untuk menyiram air lebih dulu baru membasuh dubur. Setelah itu cuci tangan sebersih bersihnya.

Saya membiarkan Nafsa sendirian di toilet. Sebab si bungsu sedang lahap lahapnya makan.

Beberapa saat kemudian Nafsa keluar toilet. Saya segera bertanya, "Nafsa sudah istinja?"

Matanya berbinar, bibirnya tersenyum lebar, "sudah bu!" Jawabnya.

Saya kembali bertanya untuk memastikan, "bisa siram dan basuhnya?"

"Kan gantian kayak kata ibu. Aku siram duluan"

"Oh gitu, wah hebat kakak. Tangannya sudah dicuci bersih?".

Ia mengangguk sambil menyodorkan dua telapak tangannya untuk saya cium. Biasa saya lakukan untuk mengecek apakah anak anak sudah pakai sabun.

Saya mencium bau sabun tapi samar. Saya mengapresiasi usaha Nafsa sambil menyuruh cuci tangan sekali lagi supaya lebih harum dan bersih. Ia pun menurut tanpa keluhan.

Lega rasanya. Semoga keterampilan baru inibuka bisa menetap menjadi kebiasaannya. Aamiin.

#kuliah Bunsay
#Melatih Kemandirian
#Tantangan hari 8
#level2






1 comment: