Sunday 3 December 2017

Tantangan hari 2 Melatih Kemandirian Anak

Tantangan 10 Hari Latihan Kemandirian

Hari Ahad ini adalah hari kedua latihan kami.

Hari ini Nafsa BAB ketika sedang menyusui si bungsu. Tepat sekali dengan awal tujuan mengapa saya memilih skill istinja untuk dilatihkan: beberapa kali saya tidak bisa standby untuk istinja Nafsa karena sedang menyusui.

Akhirnya saya minta bantuan si sulung menjadi asisten. Sebelumnya ia sudah dibriefing tentang latihan kemandirian si tengah.

Saya baru ingat, belum menurunkan tempat sabun agar bisa dijangkau Nafsa. Jadi saya minta si sulung mengambilkan sabun dan mengawasi adiknya istinja.

Dari kasur saya mendengarkan episode latihan itu. Saya dengar si kakak memberikan instruksi pada Nafsa.

Si kakak melaporkan bahwa Nafsa masih belum bisa membasuh sambil menyiram duburnya. Selebihnya Alhamdulillah lancar. Saya berterima kasih pada keduanya karena mau saling menolong.

Sore Hari Nafsa BAB Lagi. Giliran saya kembali melatih langsung. Saya segera membuat tempat sabun dadakan agar  Nafsa bisa mengambil sabun sendiri.
Ketika ia hendak istinja, saya perlihatkan tempat sabun yang baru untuknya.

 Ia lantas membasuh tangan dengan sabun lalu dengan panduan saya mulai membersihkan duburnya. Seperti sebelumnya, meminta saya menyiramkan air sambil ia istinja.

Sambil menyiram, saya beri Nafsa petunjuk untuk melakukan sendiri esok hari. Saya katakan, tangan membersihkan, tangan kanan menyiram dengan gayung.

Proses istinja selesai, saya ajari ia mencuci tangan dengan benar. Saya amati dan pandu untuk membersihkan tangan dengan sabun sampai ke sela jari lalu memastikan bekas sabun sudah hilang.

Begitulah. Tugas saya hari berikutnya berarti memastikan Nafsa bisa menyiram sendiri saat istinja.
Bersambung :)

#KuliahBunsayIIP
#Melatih Kemandirian
#Level2
#Tantangan 10 hari

No comments:

Post a Comment