Thursday 7 December 2017

Tantangan hari 4 Melatih Kemandirian

Tantangan hari 4 Melatih Kemandirian

Sore itu Nafsa kembali berkata ingin BAB. Baiklah saya memang sudah menunggu supaya bisa melatih istinja mandirinya kembali.

Segera saya briefing ulang. Saya katakan kemarin Nafsa sudah bisa istinja sendiri, tinggal memegang gayung sambil membasuh dubur bersamaan.

Nafsa merespon dengan jawaban, “ceboknya pake tangan kiri kan bu? Kalau makan pakai tangan kanan!”
Alhamdulillah dia sudah ingat posisi tangan yang saya latihkan. Saya pun memujinya.

 Saya ingatkan untuk memegang gayung dg tangan kanan.
Saya memegangi tangan kanannya dan menggerakkan tangan kanan Nafsa untuk menciduk air serta menyiram dubur.

 “Nah begini Naf. Besok Nafsa ambil sendiri airnya sedikit biar ga berat, siram. Terus ambil lagi siram lagi kayak gini ya. Ibu gak pegangin lagi" kata saya sambil menyiramkan air ke dubur.

Tangan kiri Nafsa sudah bisa membasuh duburnya. Lalu saya ingatkan kembali untuk cuci tangan dengan sabun.

Latihan hari ini selesai. Semoga besok bisa berjalan lancar.

#kuliahBunsayIIP
#tantangan10hari
#Level2
#Melatihkemandirian

No comments:

Post a Comment