Thursday 14 December 2017

Tantangan hari 9 Melatih Kemandirian

Tantangan hari 9 Melatih Kemandirian

Di hari kesembilan ini Nafsa sudah melakukan istinja sendiri tanpa meminta bantuan saya.
Saat itu saya memang sedang mengurusi adiknya.

Tiba tiba Nafsa mengatakan ingin BAB. Saya lalu mengingatkan bahwa Nafsa pasti bisa hari ini istinja sendiri.

Saya pun memberi Nafsa kesempatan untuk sepenuhnya berada di toilet mengurus keperluannya sendiri. Setelah 8 hari sebelumnya selalu saya tentir.

Maka meskipun saat itu saya bisa saja berhenti sejenak dari si bungsu dan kembali mendampingi si tengah, saya memutuskn untuk tidak melakukannya. Saya memilih menjajal hasil latihan Nafsa.

Alhamdulillah lega rasanya ketika keluar dari kamar mandi Nafsa berbinar binar. Katanya ia sudah istinja sendiri.

Saya pun mengapresiasinya lalu mengkonfirmasi ulang apa yang dia maksud dengan istinja mandirinya. Ternyata persepsi kami sama, ia sudah mampu membasuh dan menyiram hingga bersih bagian duburnya. Semoga kemandirian ini menetap dan menular pada perilaku lainnya. Aamiin.

#level2
#kuliahbunsay
#Melatih Kemandirian

No comments:

Post a Comment