Tuesday 11 September 2018

Menyelipkan Pesan Kejujuran Lewat Cerita Detektif


Anak-anak paling suka cerita misteri detektif atau petualangan. Jika suatu waktu mereka minta, saya pun selalu mengiyakan. Padahal belum terbayang mau cerita apa : D

Suatu ketika saya mengarang cerita dongeng Misteri Hilangnya Capit Kepiting Putra Mahkota. Tiba-tiba saja saya mendapat ide tentang putra mahkota Raja Kepiting yang capitnya hilang satu. Raja kebingungan sebab sang putra mahkota pun mengaku tidak tahu dimana capitnya tersebut.

Raja Kepiting akhirnya memanggil detektif Ozo Marozo yang terkenal cerdik. Setiap bagian cerita detektif selalu membuat anak-anak berbinar dan tertawa riang. Alhamdulillah saya selalu berhasil menghadirkan narasi lebay yang menurut anak-anak lucu.

Singkat cerita, detektif Ozo Marozo menemukan fakta menarik. Putra mahkota ketahuan berbohong. Ternyata ia tahu dimana capitnya hilang. Ia hanya takut dimarahi ayahnya.

Saya pun menutup cerita dengan ending pengakuan putra mahkota pada ayahnya. Lewat adegan ini saya menyampaikan pesan bahwa kejujuran adalah hal yang sangat penting, lebih dari apapun. Orangtua lebih senang anaknya jujur saat melakukan kesalahan. Daripada berbohong karena tidak mau mengakui kesalahan.

#bunsay
#ibuprofesional
#level10

No comments:

Post a Comment