Tuesday 18 September 2018

P3KG ((Pertolongan Pertama Pada Kecanduan Gadget))

P3KG

((Pertolongan Pertama Pada Kecanduan Gadget))

Ciri anak kecanduan gadget:

📱lama waktu *main gadget* tiap harinya *bertambah* terus-menerus

📱marah, mengamuk saat gadget dikurangi porsinya atau diambil

📱hampir setiap saat minta gagdet, terutama saat bosan, kesal, sedih, bangun tidur, mau tidur, dan berbagai kesempatan lainnya

P3K untuk Kecanduan Gadget:

💊 Pengganti Kegiatan:

Siapkan *banyak pilihan* kegiatan lain saat kita menghentikan anak main gadget.

Pilih kegiatan pengganti yang *seru* buat anak. Tentu, seru bagi tiap anak itu berbeda. Bagi anak A main bola itu seru, bagi anak B belum tentu.

Di sinilah penting bagi orangtua untuk teliti mencermati anaknya sendiri. Meskipun demikian, umumnya anak merasa sebuah kegiatan itu seru jika:

🎉 melibatkan gerak tubuh dan seluruh indera untuk bekerja, misalnya main taplak gunung/ dompu, main lompat tali, main petak umpet, dll.

🎉 mengajak anak berimajinasi/  berkhayal, misalnya menonton pertunjukan dongeng dengan boneka tangan, bermain peran, bermain boneka kertas, dsb.

🎉membuat anak merasakan sensasi di tubuh, contohnya dengan bermain air, berayun-ayun, menginjak rumput tanpa alas kaki, dll.

🎉membuat anak mengeluarkan ide kreatifnya, misal dengan membuat prakarya mainan dari barang bekas, menggambar di atas pasir, membuat bentuk dari lilin mainan, dsb.

🎉 membangkitkan rasa bangga dan percaya pada kemampuan diri, contoh dengan mengajak anak menyiram bunga, mencuci piring, menjemur pakaian, dst.

Ciri anak merasakan keseruan dari sebuah kegiatan adalah *mata berbinar, tawa terdengar*.

Jadi, jika gadget menawarkan 101 keseruan di dunia maya, gantilah dengan 1001 keseruan di dunia nyata.

💊 Kurangi perlahan

Untuk menghindari amukan berlebihan karena kaget dengan peralihan dari gadget, ada baiknya orangtua *bermain cantik*. Caranya, lakukan pengalihan dengan *perlahan-lahan*.

Jika anak setiap hari bermain gadget, maka sebagai awalan *kurangi durasi* tiap bermain. Tadinya tiap pegang hp setengah jam, kurangi hanya boleh 15 menit.

Jika sudah lancar dilakukan selama sepekan, berikutnya buat *hari khusus* untuk main gadget. Misal hanya sabtu dan minggu, masing-masing 1 jam.

Berikan anak *penjelasan*  mengapa waktu main gadget dikurangi. Beri tahu dampak negatif gadget untuk kesehatan mata, tubuh, dan otak.

💊 KONSISTEN

Ini kunci. Katakan *tidak* dan terima konsekuensi. Anak teriak, ngamuk, kejer, apapun *biarkan dan tetap tenang*.

Pastikan anak tidak menyakiti diri sendiri atau orang lain ketika tantrum.

Berikan saja ia waktu untuk ngamuk, kalau sudah lelah ia akan berhenti.

Jangan tunggu kerusakan parah pada tubuh dan perilaku anak akibat kecanduan gadget. Mari kendalikan gadget bukan DIKENDALIKAN gadget.

No comments:

Post a Comment