Thursday 13 September 2018

Berani Lawan Hantu


Cerita adalah sebuah sarana jitu mengarahkan tingkah laku anak secara konkret. Dalam cerita, anak dapat mengindentifikasi diri dengan tokoh dan alurnya. Semakin jelas perilaku yang digambarkan tokoh cerita, semakin mudah anak menirunya.

Suatu kali, anak-anak sedang gandrung cerita mistis. Mereka mendapatkan cerita dari sepupu dan teman-temannya. Saya berusaha memberi pemahaman dan alternatif perilaku yang lebih sesuai dengan ajaran Islam terhadap dunia ghaib.

Saya pun mengarang cerita Si Baedah masuk rumah hantu. Seperti teman-temannya, Baedah penasaran ingin berkunjung ke rumah hantu yang sedang digelar di pasar malam.

Ketika minta izin pada ayah ibunya, Baedah ditantang untuk menghadapi hantu di rumah tersebut dengan berani. Ayah Baedah menantang apakah Baedah berani mengelitiki hantu hantu palsu tersebut. Jika ada perasaan takut melihat tampilan mereka yang menyeramkan, Baedah disuruh berdoa dengan bacaan taawudz dan surat pendek.

Saya juga menyelipkan pengertian tentang jin dan syaitan dalam dialog Baedah dan orangtuanya. Jadi tiap kali anak-anak kambuh takut sama dunia mistis, saya ingatkan alternatif perilaku yang dicontohkan di cerita Baedah.


#ibuprofesional
#bunsay
#level10

1 comment: